1.
Pengertian
metode demonstrasi
`Dalam proses belajar mengajar di sekolah khususnya dan
lembaga-lembaga pendidikan umumnya terdapat banyak sekali metode yang
dapat digunakan dalam pembelajaran baik pelajaran matematika maupun
pelajaran lainnya, sehinggatujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai.
Demonstrasi merupakan metode yang
sangat efektif, sebab membantu siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri
berdasarkan fakta atau data yang benar. Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran
dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses,
situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekadar tiruan.
Sebagai metode penyajian,
demonstrasi tidak terlepas dari penjelasan secara lisan oleh guru. Walaupun
dalam proses demonstrasi peran siswa hanya sekadar memerhatikan, akan tetapi
demonstrasi dapat menyajikan bahan pelajaran lebih konkret. Dalam strategi
pembelajaran, demonstrasi dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan strategi
pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Metode demonstrasi sejenis dengan metode
ceramah dan metode ekspositori. Kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru
atau guru mendominasi kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada metode demonstrasi
aktivitas siswa lebih banyak lagi dilibatkan. Dengan demikian, dominasi guru
lebih berkurang lagi.
Pendapat Para Ahli tentang Metode
DemonstrasiMulyani Sumantri dan Johar Permana (2001:133) Metode demonstrasi diartikan sebagai cara penyajian
pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada peserta didik seatu
proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk
sebenarnya maupun bentuk tiruan.Soekarno, dkk (1981:43) Metode
demonstrasi dipergunakan untuk mengembangkan suatu pengertian, mengemukakan
masalah, penggunaan prinsip, pengujian kebenaran secara teoritis dan memperkuat
suatu pengertian.
Tujuan Mengunakan Metode
Demonstrasi: Mengajarkan proses atau prosedur, Mengkongkritkan informasi, Pengembangan
kemampuan melihat melalaui pengamatan. Hal-hal yang perlu diperhatikan guru
sebelum dan pada waktu mengadakan demonstrasi: Demonstrasi itu dicoba terlebih
dahulu. Tujuan demonstrasi ditentukan terlebih dahulu. Usahakan demonstrasi
dapat dilihat oleh peserta didik. Alat yang digunakan sederhana. Demonstrasi
dilaksanakan berdasarkan tujuan. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode
demonstrasi:PerencanaanPelaksanaannya
Ciri khas metode demonstrasi tampak
dari adanya penonjolan mengenai suatu kemampuan, misalnya kempuan guru
membuktikan teorema, menurunkan rumus, atau memecahkan soal cerita. Sedangkan
yang berhubungan dengan penggunaan alat, misalnya pemakaian sepasang segitiga
untuk menggambarkan dua garis sejajar atau saling tegak lurus, jangka, dan
segitiga untuk membuat lukisan-lukisan geometri, penggunaan daftar, mistar
hitung atau kalkulator untuk melakukan perhitungan.
2.
Langkah-langkah Menggunakan Metode
Demonstrasi
a.
Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan.
1. Rumuskan tujuan yang harus dicapai
oleh siswa setelah proses demonstrasi berakhir.
2. Persiapkan garis besar
langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan.
3. Lakukan uji coba demonstrasi.
b.
Tahap Pelaksanaan
Langkah pembukaan.
Sebelum demonstrasi dilakukan ada
beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya.
1. Aturlah tempat duduk yang
memungkinkan semua siswa dapat memperhatikan dengan jelas apa yang
didemonstrasikan.
2. Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh
siswa.
3. Kemukakan tugas-tugas apa yang harus
dilakukan oleh siswa, misalnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang
dianggap penting dari pelaksanaan demonstrasi.
Langkah pelaksanaan demonstrasi
1. Mulailah demonstrasi dengan
kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir, misalnya melalui pertanyaanpertanyaan
yang mengandung teka-teki sehingga mendorong siswa untuk tertarik memperhatikan
demonstrasi.
2. Ciptakan suasana yang menyejukkan
dengan menghindari suasana yang menegangkan.
3. Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti
jalannya demonstrasi dengan memerhatikan reaksi seluruh siswa.
4. Berikan kesempatan kepada siswa
untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari
proses demonstrasi itu.
Langkah mengakhiri demonstrasi
Apabila demonstrasi selesai
dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas
tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses
pencapaian tujuan pembelajaran. Dan juga dapat diakhiri dengan kegiatan
diskusi. Dalam diskusi ini dapat diberikan atau diminta komentar, kritik,
saran, atau penjelasan yang berhubungan dengan demonstrasi yang dilakukan.
Diskusi ini penting, terutama jika demonstrasi dilakukan oleh siswa. Hal ini
diperlukan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau
tidak. Selain memberikan tugas yang relevan, ada baiknya guru dan siswa
melakukan evaluasi bersama tentang jalannya proses demonstrasi itu untuk
perbaikan selanjutnya
3. Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
Sebagai suatu metode pembelajaran
demonstrasi memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
- Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, sebab siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan.
- Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tak hanya mendengar, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi.
- Dengan cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan. Dengan demikian siswa akan lebih meyakini kebenaran materi pembelajaran.
Di samping beberapa kelebihan,
metode demonstrasi juga memiliki beberapa kelemahan, di antarannya:
- Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tanpa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menyebabkan metode ini tidak efektif lagi. Bahkan sering terjadi untuk menghasilkan pertunjukan suatu proses tertentu, guru harus beberapa kali mencobanya terlebih dahulu, sehingga dapatmemakan waktu yang banyak.
- Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal dibandingkan dengan ceramah.
- Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional. Di samping itu demonstrasi juga memerlukan kemauan dan motivasi guru yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.
terima kasih ini sangat membantu penyelesaian skripsi saya
ReplyDeleteBagus. Terima kasih. Ini bisa menginspirasi buku saya. Machmudi.
ReplyDeletebagus :)
ReplyDeletetrims ya udah ngebantu tugas aku :)
! !! H E B O O O H !! !
ReplyDeleteGak baca pasti nyesel..
Orang ini sukses bawa kabur DUIT hingga ratusan juta rupiah dari ATM miliknya sendiri..
Bagaimana ia melakukannya ?
Baca : Auto Transfer ATM Bank BRI
Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
ReplyDeleteSitus Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ website : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9